Jelang Hari Kartini, Ini Yang Biasa Dilakukan Dian Sastrowardoyo

Jelang Hari Kartini, Ini Yang Biasa Dilakukan Dian Sastrowardoyo

Kabar5.com | Semasa hidupnya, banyak hal yang coba dilawan oleh salah satu pahlawan Indonesia yaitu RA Kartini. Termasuk berbagai belenggu budaya yang kurang sesuai dengan perkembangan masyarakat. Terlebih bagi para wanita, ia menginginkan kesetaraan antara pria dan wanita di sekitarnya.

“Memang banyak sekali dari pakem Jawa itu yang dikritik oleh Kartini karena dia melihatnya agak kotraproduktif berkenaan dengan kehidupan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Dia ngeliatnya (pakem Jawa) itu sama sekali nggak terlalu penting,” ujar Dian Sastrowardoyo di Museum Bank Indonesia, Kota, Jakarta Barat, Selasa (12/4) malam.

Demi memperingati hari Kartini, artis Dian Sastrowardoyo sempat terlibat dalam penggarapan film tentang pahlawan wanita itu. Selain Dian ada juga sejumlah artis hebat seperti Acha Septriasa dan Adinia Wirasti dalam film garapan Hanung Bramantyo itu.

Selain itu demi melakukan promosi untuk film KARTINI, Dian Sastro sempat tampil untuk membawakan monolog yang jadi bagian filmnya. “Bacanya dengan baik. Tadi bukan puisi, itu potongan monolog yang ditulis Laila Chudori yang diambil dari buku dan skrip film KARTINI,” ujarnya.

Tak hanya mengingat jasa-jasa Kartini, sejak masa sekolah Dian Sastro kerap memperingati jasa pahlawan wanita tersebut. Bahkan kini setelah bekerja, Dian juga tidak melupakannya.

“Karena saya tidak bersekolah lagi, kita nggak ada pawai baju daerah karena udah jadi pekerja. Paling pakai baju kebaya gitu, tapi sebenarnya cuma casual aja,” tandasnya.

banner 468x60

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Tinggalkan Balasan